Kamis, 29 November 2012

TEORI MICROSOFT EXCEL


MENGENAL LEMBAR KERJA 
MICROSOFT OFFICE EXCEL
(Teori Singkat)

1. Pendahuluan

Pada dasarnya perintah-perintah umum yang berlaku pada MS Office Word berlaku juga pada MS Office Excel.  Seperti  : Saving (Ctrl+S), Copy (Ctrl+C),  Paste  (Ctrl+V), menyisipkan gambar/logo dengan: klik Insert/Picture/From File(Clip Art), menyisipkan Word Art, dll.

2. Lembar kerja

Lembar kerja dalam MS. Excel disebut Sheet, dalam Sheet terdiri dari baris dan kolom. Pertemuan antara baris dan kolom disebut Sel / Cell. Tanda kolom diwakili oleh huruf sedangkan baris  oleh angka, jadi Cell merupakan alamat dari data. Kumpulan beberapa cell disebut Range. 

3. Jenis Data Pada MS. Office Excel 

1) Label / Teks, contoh : Harga, Nama, Alamat, dll.
2) Numeric, contoh : 1, 7, 752, 18%, dll.
3) Formula / fungsi, (penulisannya selalu diawali dengan = ), contoh : =SUM(C2;C3), dll
(rumus formula atau fungsi yang diapit dengan tanda kurung ( ) prosesnya didahulukan)

4. Memperbesar baris dan kolom

Memperbesar baris : klik Format, klik Row, (tulis nilai angka yang lebih besar untuk memperbesar baris).
Memperbesar kolom : Klik Format, klik Column, (tulis nilai angka yang lebih besar untuk memperbesar kolom).
Cara lain : simpan kursor mouse pada garis pembatas kolom / baris sehingga kursor berubah menjadi  ( 1 ) untuk kolom, untuk baris ( 2 ), drag dan tarik sehingga ukuran baris / kolom sesuai dengan yang diinginkan.

5. Menghapus isi Cell atau Range

Simpan kursor  di cell yang akan dihapus kemudian tekan delete. Untuk menghapus range, blok dahulu range yang akan dihapus, tekan delete.

6. Mengedit / merubah isi cell

Blok cell / range yang di-edit, tekan tombol F2 pada keyboard, atau double klik mouse pada cell yang akan diedit.


7. Memblok range / cell

- Menggunakan mouse
Simpan pointer diawal range, klik dan drag bawa pointer ke akhir range (range/cell yang diblok biasanya berwarna hitam), lepaskan penekan tombol mouse.
- Menggunakan keyboard
Simpan kursor diawal data yang akan diblok, tekan Shift+panah (kiri, kanan, atas, atau bawah).

8. Memindahkan data (Moving)

- Menggunakan tool bar
Blok cell/range yang akan dipindahkan klik edit, klik cut. Tempatkan kursor didaerah yang dituju, klik Paste.
- Menggunakan Mouse
Blok cell/range yang akan dipindahkan, sorot, setelah pointer berubah menjadi tanda panah, klik dan drag ke tempat sesuai keinginan.

9. Menggandakan (meng-copy) cell / range

- Menggunakan Keyboard
Blok cell/range yang akan di-copy, tekan Ctrl + C (untuk meng-copy), tekan Ctrl + V (untuk menggandakan data)
- Menggunakan Tolbar dengan mouse
blok data yang akan di copy, klik  Edit, klik  Copy, simpan kursor pada tempat yang diinginkan. Kemudian klik Edit, klik Paste


10. Pengaturan-pengaturan cell

Klik Format, klik Cell (akan tampil  Format Cells seperti pada gambar disamping), pilih :
· Number : untuk pengaturan angka
· Alignment : untuk pengaturan tampilan huruf / teks pada range / cell
· Font : untuk memilih jenis dan efek huruf
· Border : untuk membuat dan pengaturan bingkai tabel pada cell / range
· Patterns : pengaturan warna untuk cell / range
· Protection : untuk memprotek /  pengamanan data

11. Urutan Perhitungan

1) Pangkat menggunakan ^ (carret)
2)  Perkalian  menggunakan  * (asterik)
3) Pembagian  menggunakan / (slash)
4) Penjumlahan  menggunakan + (plus)
5) Pengurangan menggunakan - (minus)

12. Fungsi-fungsi perhitungan (Formula)

a. SUM (penjumlahan)
=SUM(Range Angka). Contoh : =SUM(A1;A3)

b. AVERAGE (rata-rata)
=AVERAGE(Range Angka). 
Contoh : =AVERAGE(A1:A14)

c. MAX (nilai tertinggi)
=MAX(Range Angka). Contoh : =MAX(A1:C12)

d. MIN (nilai terendah)
=MIN(Range Angka). Contoh : =MIN(A1:C12)

e. DATE (membuat tanggal)
=DATE(Range Angka). 
Contoh : =DATE(tahun,bulan,tanggal)

f. IF (perbandingan)
=IF(Ekspresi logika, nilai benar, nilai salah). 
Contoh : =IF(H4>=6;”LULUS”;”TIDAK LULUS”)
Keterangan LULUS dan TIDAK LULUS harus diapit dengan tanda kutip dua ( “ ) karena keterangan 
tersebut berupa Teks/Label

g. VLOOKUP (pencarian data secara vertikal)
=VLOOKUP(nilai kunci,range,posisi)

h. HLOOKUP (pencairan data secara horizontal)
=HLOOKUP (nilai kunci,range,posisi)

i. RIGHT (mengambil huruf / angka / karakter dari sbelah kanan)
=RIGHT(cell, jumlah karakter)

j. LEFT (mengambil huruf / angka / karakter dari sbelah kiri)
=LEFT(cell, jumlah karakter)

k. MID (mengambil huruf / angka / karakter dari tengah)
=MID(cell, posisi, jumlah)

l. dan lain-lain (masih banyak formula atau fungsi-fungsi yang lain)
Catatan: penulisan fungsi atau formula harus selalu diawali sama dengan ( = ).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar